Check This..


Jumat, 02 Desember 2011

Tips Bagi Yang Mau Beli Speaker Aktif


Mau beli speaker aktif buat komputer? Berikut adalah tips Protuslanx supaya tidak salah beli.
1. Budget.
Pastikan budget disesuaikan dengan harga speaker di pasaran (tentu saja!)
2. Toko.
Belilah di tempat-tempat atau toko-toko khusus komputer atau toko-toko khususspeaker. Ini untuk menjamin bahwa barang yang dibeli adalah barang yang asli dan bukan barang gelap (bahaya kan kalau beli dari tangan penadah?!…)
3. Merk “upper class”.
Beberapa merk speaker yang bagus adalah Altec Lansing, Creative, Edifier, dan Logitech. Merk-merk demikian biasanya hanya sedikit “bermain” di level speaker 2.1 kelas bawah dengan harga di atas Rp 300.000,00. Disain dan suara yang dihasilkan merk-merk tersebut umumnya berkualitas baik.
4. Merk “lower class”.
Untuk speaker 2.1 yang murah dan cukup bagus bisa dengan membeli merk Simbadda, Genius, dan Bufftech. Mungkin masih ada lagi merk-merk lain yang mungkin Protuslanx tidak bisa cantumkan semua di sini. Speaker-speaker demikian dapat dibeli dengan kisaran Rp 100.000,00 – Rp 500.000,00 untuk kelas bawah tapi dengan output suara yang cukup baik. Tambahan lagi untuk yang suka menyetel keras-keras, merk-merk ini mungkin cocok.
5. Bentuk subwooofer menentukan!
Speaker tipe 2.1 adalah speaker dengan kelengkapan 2 satellite (output) dan 1 subwoofer. Nah, supaya kualitas bass dan treble bisa baik, pilihlah bentuk subwoofer yang berbentuk kotak atau kubus. Kenapa demikian? Karena hal itu berkaitan dengan resonansi suara. Kalau untuk disain satellite tidak ada hubungannya dengan kualitas suara. Jadi, bentuksatellite tidak berpengaruh terhadap kualitas output suara.
6. Bahan subwoofer menentukan.
Pilihlah speaker dengan subwoofer yang terbuat dari kayu atau serbuk gergaji. Speaker dengan bahan ini lebih mampu menyerap dan mengeluarkan suara dengan baik tanpa efek mendengung. Bahan subwoofer yang terbuat dari plastik kurang baik karena bisa menyebabkan output suara menjadi berdengung.
7. Bahan adaptor menentukan.
Bahan adaptor speaker yang baik harusnya terbuat dari bahan seperti besi (walaupun terasa berat). Mengapa demikian? Karena bahan yang baik menentukan apakah produk itu berkualitas atau tidak. Bahan yang terbuat dari plastik cenderung kurang baik, karena bisa saja perusahaan pembuat produk tersebut memangkas biaya produksi tanpa memperhatikan kualitas produk yang dihasilkan.
8. Penutup dari bahan busa.
Subwoofer dan satellite yang bagus seharusnya ditutupi dengan busa. Ini lebih baik ketimbang speaker yang tidak ditutupi dengan busa sama sekali. Busa ini berguna untuk menyaring suara output menjadi lebih fokus pada satu kanal output suara sehingga bassdan treble menjadi lebih enak didengar. Prinsip busa ini juga signifikan kalau digunakan pada earphone.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar