Check This..


Sabtu, 02 Juni 2012

Kelebihan Dan Kekurangan Twitter


Twitter (www.twitter.com) merupakan sebuah situs social networking yang juga disebut mikro blogging device dengan kata lain blog ‘sangat kecil’ atau mikro. Disebut demikian karena pada umunya blog atau website terdiri atas banyak halaman dengan banyak artikel yang bercerita panjang lebar tentang suatu topik. sedangkan Twitter hanya membatasi penggunanya untuk menuliskan tidak lebih dari 140 huruf agar dapat ditampilkan di Internet. Bandingkan dengan SMS yang dapat diisi dengan 160 karakter.
Twitter didirikan pada bulan March 2006 oleh perusahaan rintisan Obvious Corp dan dilancarkan pada bulan julai di tahun yang sama. Pendiri Twitter ada 3 orang, yaitu Jack Dorsey, Biz Stone, dan Evan Williams.
Di Amerika, Twitter sangatlah populer bahkan hampir bisa disamakan kepopulerannya dengan Facebook. Salah satu hal yang menyebabkan Twitter begitu populer adalah karena kesederhanaannya serta mampu menjawab tantangan sebuah media sosial untuk salaing berkomuikasi secara lebih sederhana antar pengguna.
pada Twitter terdapat sebuah komunitas besar seluruh dunia dimana kita bisa saling membagi pesan update di twitter.
Di www.twittercounter.com tercatat ada sekitar 4 juta pengguna twitter di seluruh dunia. Bahkan Barrack Obama, Presiden US yang kemarin baru terpilih itu merupakan salah seorang Top User di twitter no.1.
Perkembangan Twitter termasuk fenomenal. Menurut comScore, user Twitter telah mencapai 44,5 juta. Jejaring sosial ini telah menempati posisi 52 besar dunia mengalahkan ESPN, BBC dan Craigslist. Pada Januari hingga Juni 2009, Twitter juga mengalami kenaikan 283% unik user.

Pada twitter terdapat fasilitas terpisah, seperti :
1. Twitpic (www.twitpic.com) yang merupakan situs tempat untuk saling membagi foto di twitter.
 
2. TweetDeck (http://www.tweetdeck.com) merupakan aplikasi dari Adobe Air Desktop yang memungkinkan orang untuk mengkonfigurasikan searches dan views dalam urutan waktu di twitter. Kalau anda difollow banyak orang di twitter, atau sedang mencari cara untuk memanaje volume pesan di twitter, twitterDeck ini dapat sangat berguna.

3. Pada Twitter jumlah karakter dibatasi hanya sejumlah 140 karakter tiap update. sehingga terdapat Twitlonger (www.twitlonger.com) untuk memecah posting yang cukup panjang sehingga menjadi posting yang lebih pendek.

4. ReTweet Mapper (http://danzarrella.com/rtm-most.php) dapat memperlihatkan berapa banyak user yang di reply per jam, hari dan minggu.

5. situs SocialToo (http://socialtoo.com) di berbagai social networking seperti facebook, twitter dan identica,  dapat membantu untuk interaksi online di twitter dan facebook. Untuk feature di twitter, SocialToo juga mempunyai feature seperti online surveys, auto-follow/unfollow, dan direct messages untuk memberikan ucapan selamat datang kepada follower baru. Dengan socialtoo anda juga bisa menerima daily stat message yang dikirimkan ke email.

6. Twittercounter (www.twittercounter.com) merupakan sebuah website yang bisa membuat laporan jumlah follower yang mengikuti account twitter kita atau user lain. Di situs ini diperlihatkan sebuah grafik perkembangan follower kita dan juga statistik lain seperti kecenderungan perkembangan follower, rata-rata pertambahan follower dan beberapa feature lainnya.



Aplikasi Mobile untuk membuka Twitter:
1. Tweetie (http://www.atebits.com/software/tweetie) merupakan feature rich aplikasi di iPhone.

2. Twitterfon (http://www.naan.net/trac/wiki/TwitterFon) dan Twitterrific (http://iconfactory.com/software/twitterrific) full kapabilitas aplikasi Twitter untuk iPhone.



Kelebihan Twitter
1.   Twitter adalah sebuah layanan gratis dan sederhana untuk menyiarkan status singkat melalui Internet. Karena singkat, status Twitter dapat dikirim melalui e-mail, SMS, dan jejaring sosial.
2.  
Untuk menuliskan status Twitter, seseorang harus memiliki akun. Namun setelah memiliki akun, untuk menulis status atau tweet dapat melalui banyak program untuk berbagai perangkat, tidak harus melalui twitter.com.
3.  
status Twitter dapat langsung diumumkan ke seluruh pemakai Twitter. Beda dengan status Facebook yang hanya dapat dilihat oleh pengguna yang sudah menjadi teman. Itulah sebabnya kini Twitter banyak dipakai oleh para politisi, perusahaan, bahkan pemerintah (tapi di negara lain lho). Mereka dapat mengumumkan berita-berita penting yang langsung dilihat oleh sesama pemakai Twitter. Untuk dapat melihat status orang atau pihak lain, seseorang harus mencari dulu pemakai Twitter.
4.  
Twitter juga menyediakan komunikasi langsung ke sesama pengguna Twitter, sehingga tidak terbaca pengguna lainnya.
5.  
Status Twitter dapat dihubungkan dengan aplikasi lain seperti Facebook, sehingga jaringan lebih luas lagi.
6.   Mudah untuk mengupdate dan lebih banyak kesempatan untiuk mandapatkan jaringan yg lebih luas.
7.  
Siapa pun menjadi Follower orang lain kecuali diblokir.
8.  
Pure alat komunikasi, cepat tanggap
9.  
Anda tidak perlu harus log in untuk mendapatkan update; Anda bisa menggunakan aplikasi pembaca RSS.
10.               
Sangat interaktif, extensible messaging platform dengan API terbuka, banyak aplikasi lain yang sedang dikembangkan (Twitterific, Summize, Twhirl, dll)
11.               
Potensi menggunakan media ini untuk periklanan di masa mendatang .
12.           
Twitter mungkin lebih terukur dari Facebook, memberikan keuntungan biaya.






Kekurangan Twitter 
1.       21% dari account Twitter ternyata kosong. Ini merupakan persentase dari account Twitter yang belum pernah diposting satu Tweet. Mereka mungkin juga bisa terdaftar untuk terus menggunakan username terakhirnya, atau hanya account percobaan yang dibuat tetapi tidak pernah digunakan.

2.       Hampir 94% dari seluruh account Twitter hanya memiliki kurang dari 100 follower. Dalam mencari kemungkinan konsisten dengan tool bercorak baru serta fakta bahwa banyak orang mungkin saat ini dapat memiliki account untuk mulai mencoba dengan alat, Sysomos telah menemukan mayoritas pengguna Twitter memiliki followership sangat rendah.


3.       150 follower merupakan angka ajaib. Terutama dalam menarik poin data dari survei, Sysomos menemukan bahwa pengguna Twitter cenderung "follow back" semua pengikut mereka sampai sekitar 150 koneksi. Maka pertukaran jatuh secara dramatis, yang seolah-olah menunjukkan bahwa jumlah ini mungkin merupakan titik penyeberangan di mana orang beralih dari penggunaan Twitter untuk lebih pribadi untuk menggunakan lebih pada pemikiran "lifecasting" dan tindakan menuju komunitas orang-orang yang mereka rasa memiliki berbagai tingkat untuk koneksi.


4.       Separuh dari semua pengguna Twitter "tidak aktif." Jika Kita mengambil gambaran umum menjadi "aktif" di Twitter berarti bahwa Kita telah mengirim Tweet di beberapa titik dalam 7 hari terakhir (1 bulan), maka survei dapat mengetahui bahwa 50,4% dari seluruh pengguna Twitter sesuai dengan kategori ini. Jika ita keluarkan 21% dari point pertama, berarti ini sekitar 30% dari pengguna yang telah memiliki account dan telah melakukan tweet sebelumnya, tetapi yang akan terjadi justru sekarang tidak aktif.


5.       batasan karakter posting box sebanyak 140 karakter merupakan salah satu kekurangan twitter. jika ternyata postingan blog yang akan di-twitter-kan memiliki jumlah karakter judul dan permalink yang melebihi 140 terpaksa harus menggunakan fasilitas url shortener gratisan yang banyak disediakan web untuk memperpendek jumlah karakter permalink.


6.       Terbatas fungsionalitas misalnya dalam menemukan orang-orang, mengirim pesan singkat


7.       Terlalu menekanan pada penghitungan pengikut


8.       Mudah disalahgunakan untuk spam dan meningkatkan tingkat kebisingan jaringan.


pada dasarnya semua situs social networking memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sekarang tergantung pemakai.
:)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar